BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

Ansori S
Selasa, Agustus 09, 2022 | 19:25 WIB Last Updated 2022-08-09T12:25:45Z
Dok. Istimewa

SERANG | Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang menjadikan Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang sebagai Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik. Desa Cantik bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya data. 


Kepala BPS Kabupaten Serang Tutty Amalia mengatakan dengan dijadikannya Kemanisan menjadi Desa Cantik maka pihaknya memberikan pembinaan yang tujuan utama nya adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya data. Bagaimana mereka mencintai data, kemudian statistik itu tidak menjadi hal yang menakutkan.


"Sebetulnya mereka sudah akrab dengan data dan statistik sehari-hari," ujar Tutty Amalia disela-sela pembinaan Desa Cantik di Kantor Desa Kemanisan pada Selasa, 9 Agustus 2022.


Pembinaan di awali, kata Tutty, diperuntukan bagi aparat desa yang kemudian aparat desa melanjutkan untuk mengajak masyarakat. Sebab data itu sangat penting tujuan utamanya untuk pembangunan yang dampaknya nanti untuk menyadarkan aparat desa.


"Bahwasannya desa sudah bukan lagi objek pembangunan, melainkan mereka sebagai subjek yang harus sadar akan pembangunan," katanya. 


Karena pada dasarnya sumber data ada pada masyarakat, maka sebut Tutty, jika datanya kurang baik pembangunan apapun tetap tidak akan tepat sasaran. Disamping itu juga agar kebutuhan desa dapat diketahui lebih spesifik.


"Maka dari itu kita berharap mulai dari Desa Kemanisan inilah semua data menjadi tepat," ucapnya. 


Tutty menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut menjadi salah satu program BPS yang berperan sebagai pembina data statistik sektoral, sumber data utama berasal dari desa. Dalam hal ini BPS menggandeng OPD atau pemerintah daerah agar saling bersinergi untuk mendapatkan dukungan.


"Karena sasaran tahun ini untuk memberantas kemiskinan, maka program ini juga bekerjasama dengan Dinsos (Dinas Sosial)," terangnya.


"Data yang ada harus menjadi tolak ukur, agar adanya perubahan. Jika berhasil disini, kita lakukan juga di desa lainnya, jadi harus ada progres dan evaluasinya seperti apa," tambah Tutty.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Haerofiatna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Heriyadi dan para Aparatur Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa.


Sementara Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna mengatakan, bahwa program desa cantik tersebut sangat luar biasa sesuai dengan amat Kemen PAN RB bahwa tujuan dari pada desa cantik ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi yang akuntabel tentang data-data yang ada di desa. Diantaranya seperti demografi desa, kemudian jumlah penduduk, kemudian kebutuhan masyarakat sebagai petani atau sebagai karyawan dan lainnya.


"Sehingga kita mengetahui desa-desa tersebut dalam waktu dekat akan kita ketahui dari semua aspek," ujarnya.


Berdasarkan hasil MoU (Memorandum of Understanding), Haero memastikan jika Diskominfosatik mensuport kegiatan desa cantik itu dalam bentuk aplikasi karena selama ini BPS hanya konvensional.


"Kalau kita bantu secara digitalnya. Jadi informasinya jadi lebih luas secara digital, dan masyarakat akan mengetahui secara umum, nanti smart villagenya akan hidup desa pintarnya itu," terangnya.


Mantan Kepala Bagian (Kabag Humas) Sekretariat DPRD Kabupaten Serang ini berharap program desa cantik di Desa Kemanisan bisa selesai tahun ini. Karenanya masih banyak desa-desa yang perlu di perbaharui untuk datanya oleh BPS. 


"Karena data-data di desa selama ini data yang diakui hanya BPS walaupun kita (Diskominfosatik) sebagai wali data, tugas kami mungkin seperti itu," papar Haero sapaan Haerofiatna.


Diketahui, selain Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa BPS Kabupaten Serang juga sudah menetapkan Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka sebagai desa binaan desa cantik. 


[Ansori]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan