WBP Rutan Kelas IIB Serang Digeledah, ini yang Ditemukan

Ansori S
Minggu, November 13, 2022 | 12:20 WIB Last Updated 2022-11-13T05:20:06Z
Dok. Ka Rutan kelas IIB Serang Lakukan sidak Kamar Tahanan (ist) 

SERANG | Baru 6 hari menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang, Prayoga Yulanda melakukan Deteksi dini kemungkinan terjadinya Gangguan Keamanan dan Ketertiban serta Berantas Peredaran Gelap Narkotika, dengan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Blok hunian Rutan, Sabtu (12/11/2022) Malam.


Kegiatan Sidak tersebut dipimpin langsung oleh KA Rutan yang dibantu oleh Kepala Keamanan dan Penjagaan Rutan (KPR) Nur Abimantrana serta melibatkan setidaknya 25 staf dan Regu Jaga Rutan Serang agar penyisiran serta penggeledahan dapat berjalan dengan maksimal.


KA KPR Nur Abimantrana menyebut dalam kegiatan Sidak kali ini dilakukan secara senyap dan acak dengan tujuan agar Sidak yang dilakukan tidak bocor dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak memiliki waktu untuk menyembunyikan apapun.


"Kita lakukan secara senyap, tidak satupun staf maupun regu jaga yang tahu akan kegiatan ini. Jadi pukul tujuh malam, sekaligus apel pergantian regu, baru saya beritahu bahwa akan melakukan sidak ke blok hunian, dan memanggil staf lainnya untuk membantu, sekitar 25 orang," kata Lelaki yang akrab disapa Abi.


"Tidak semua kamar, hanya beberapa kamar yang kami pilih secara acak, dan hasilnya kami dapati seperti korek gas, sendok Stainles, pinset. Itu langsung kami sita karena termasuk dalam barang terlarang, untuk obat terlarang maupun narkoba kita tidak dapati," ucap Abi.


Agenda Sidak seperti ini akan rutin dilakukan, lanjut KA Rutan Kelas IIB Serang Prayoga Yulanda. Dikarenakan sejalan dengan arahan Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) sebagai langkah dalam membenahi berbagai permasalahan di Pemasyarakatan serta memperkecil ruang serta kesempatan bagi para oknum dan pelaku yang hendak melakukan kejahatan di dalam pemasyarakatan.


"Kami berkomitmen akan terus melakukan pembenahan di Rutan Kelas IIB Serang dengan menekankan 3 plus satu kunci Pemasyarakatan Maju. Pertama Mendeteksi sedini mungkin potensi Gangguan Keamanan dan Ketertiban, lalu mencari solusinya. Kedua Berantas Narkoba, dengan Sidak seperti ini, jika kita dapati akan kita cari tahu alurnya dan tentunya akan kita tindak sesuai hukum yang berlaku, ketiga Sinergitas dengan aparat penegak hukum. Dan kemudian Back To Basic atau kembali ke kemampuan dasar masing-masing individu dalam menjalankan serta mengemban tugas," Tegas Prayoga.


Usai melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan kamar hunian WBP, KA Rutan Kelas IIB Serang mengumpulkan para WBP dilapangan untuk diberikan pengarahan dan meminta para WBP dapat menjaga kebersihan kamar hunian serta Lingkungan Rutan dan mengikuti aturan yang telah ada.


"Karena dalam blok hunian kesehatan itu tergantung bagaimana penghuninya (WBP) dalam menjaga kebersihan. Jadi saling kerjasama, Pihak Rutan membuat bersih dan asri, WBP menjaga kebersihan dan keasrian tersebut. Dan gak perlu berbuat aneh-aneh, ikuti aturan yang ada lalu perbanyak ibadah dan berdoa meminta ampunan atas kesalahan yang pernah diperbuat," pungkas Prayoga. 


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • WBP Rutan Kelas IIB Serang Digeledah, ini yang Ditemukan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan