IWPG Menjadi Tuan Rumah Acara Sampingan bersama Sudan Selatan dan Pantai Gading di UN CSW67

Ansori S
Selasa, April 18, 2023 | 21:27 WIB Last Updated 2023-04-18T14:27:37Z
Dok. Istimewa

JAKARTA | International Women’s Peace Group (IWPG, Ketua Hyun Sook Yoon) menyelenggarakan 2 Acara Sampingan di Komisi PBB untuk Status Perempuan (UN Commission on the Status of Women/ UN CSW) ke-67, yang diadakan di Markas Besar PBB di New York pada bulan Maret, masing-masing dengan Kementerian Gender, Anak dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan pada 8 Maret 2023 dan Kementerian Perempuan, Keluarga, dan Anak Pantai Gading pada 10 Maret 2023.


CSW adalah komisi fungsional dari Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) yang mengumpulkan lembaga internasional dan LSM setiap tahun dari seluruh dunia untuk berbagi ide kebijakan tentang hak-hak perempuan dan pemberdayaan perempuan serta mendiskusikan cara untuk menerapkan strategi kesetaraan gender secara efektif.


CSW tahun ini mengangkat tema “Inovasi dan Perubahan Teknologi, Pendidikan di Era Digital: Kemajuan Menuju Kesetaraan Gender”.


IWPG dimulai dengan menjadi tuan rumah Acara Paralel LSM pada tanggal 6 Maret 2023 dan kemudian menjadi tuan rumah Acara Sampingan pertamanya dengan Kementerian Gender, Anak dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan dengan tema "Pengembangan Pendidikan Perdamaian di Era Digital untuk Kemitraan Global dan the Empowerment of All Women and Girls," yang mengumpulkan 300 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk menteri nasional dan duta besar PBB.


H.E. Aya Benjamin Libo Warille, Menteri Gender, Anak, dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan; Hyun Sook Yoon, Ketua IWPG; Stephanie Copus Campbell, Duta Besar Kesetaraan Gender Australia; H.E. Maha Ali, Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perempuan Yordania; dan Na Hyung Jun, Sekretaris Jenderal IWPG, berpartisipasi sebagai pembicara, membahas berbagai strategi pembangunan perdamaian.


Menteri H.E. Aya Benjamin Libo Warille berkata, “Kementerian Gender, Anak, dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan merasa terhormat untuk menjadi tuan rumah bersama acara sampingan penting ini dengan International Women’s Peace Group untuk membahas bagaimana Sudan Selatan dapat mengembangkan pendidikan perdamaian dalam kemitraan global era digital untuk pemberdayaan perempuan dan anak-anak perempuan.


Pendidikan Perdamaian harus dilakukan di Sudan Selatan secara nasional, bukan hanya secara lokal. Saya yakin ada banyak hal yang dapat dilakukan Kementerian Gender, Anak, dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan dalam kemitraan dengan IWPG.


Ketua IWPG Hyun Sook Yoon mendesak dukungan untuk pelembagaan DPCW dan berkata, “IWPG mengajarkan perempuan nilai perdamaian dan cara mempraktikkannya, sehingga perempuan memahami bahwa perdamaian, bukan perang, adalah hal yang alami.


IWPG mengusulkan cara untuk mengatasi keterbatasan dan hukum internasional saat ini dan menyelesaikan penyebab mendasar perang untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan, yaitu Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang (DPCW), dasar dari Pendidikan Perdamaian kita.


Tema Acara Sampingan kedua yang diselenggarakan bersama Kementerian Perempuan, Keluarga, dan Anak Pantai Gading adalah “Pengembangan Pendidikan Perdamaian di Era Digital untuk Kemitraan Global dan Pemberdayaan Semua Perempuan dan Anak Perempuan:


Kasus Pendidikan Perdamaian.


H.E. Nasseneba Toure, Menteri Perempuan, Keluarga dan Anak Pantai Gading; Abdelahad Benhallam, Penasihat Menteri Solidaritas, Integrasi Sosial dan Keluarga di Kerajaan Maroko; H.E. Imelde Sabushimike, Menteri Solidaritas Nasional, Sosial, Hak Asasi Manusia dan Gender Burundi dan Hyun Sook Yoon, Ketua IWPG, berpartisipasi sebagai pembicara.


Pada tanggal 9 Maret 2023, Kementerian Gender, Anak dan Kesejahteraan Sosial Sudan Selatan menandatangani MOA dengan IWPG dan setuju untuk mendukung Pendidikan Perdamaian DPCW dan IWPG. Pada 10 Maret 2023, MOA yang sama ditandatangani dengan Kementerian Perempuan, Keluarga, dan Anak Pantai Gading.


Ketua IWPG Yoon juga bertemu dengan Stephanie Copus Campbell, Duta Besar Kesetaraan Gender Australia; H.E. Maha Ali, Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perempuan Yordania H.E. Claudine Aoun Roukoz, Presiden Komisi Nasional Perempuan Lebanon (NCLW), dan beberapa pemimpin Perempuan lainnya untuk membahas cara-cara praktis untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan.


Melalui UN CSW67 tahun ini, IWPG dapat mendalami Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) #4 “Pendidikan Perdamaian”, dan akan terus membangun proses pendidikan perdamaian berkelanjutan dengan negara-negara yang menandatangani MOA dengannya.

 

[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IWPG Menjadi Tuan Rumah Acara Sampingan bersama Sudan Selatan dan Pantai Gading di UN CSW67

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan