Iim Hujaemi Terapkan Nilai Internalisasi di Pondok Pesantren Arrahman Cidadap

Ansori S
Sabtu, Mei 13, 2023 | 17:38 WIB Last Updated 2023-05-13T10:38:19Z
Foto: Istimewa

SERANG | Wisuda Pondok Pesantren (Ponpes) Arrahman Cidadap angkatan 8, santri Tahfidz Al Qur'an dan Amtsilati di Lingkungan Cidadap, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang, Sabtu (13/5/2023). 


Iim Hujaemi tokoh masyarakat Serang sekaligus Pembina Ponpes Arrahman Cidadap saat menghadiri wisuda ke 8 mengatakan pentingnya Proses Internalisasi Nilai Pesantren, Iim menyampaikan ada beberapa macam diantaranya "Pertama Akhlaq Karimah dijadikan ukuran bagi kelayakan santri untuk mencapai jenjang berikutnya, yang memiliki tatanan nilai yang di atur oleh agama termasuk kesatuan lahiriyah dalam dirinya dan orang-orang disekitarnya.


Kedua Ibadah Amaliyah Untuk mendisiplinkan para santri dalam melaksanakan solat fardhu berjamaah serta kewajiban bagi santri tua untuk menjadi imam salat jamaah sebagai praktek atas apa yang telah ia pelajari.


Ketiga Bacaan Al-Qur'an Mewajibkan santri dalam membaca Al-Qur'an setelah solat fardhu baik secara individu ataupun kelompok dan Al-Qur'an dijadikan sebagai materi dalam ujian semester yang mana bertujuan agar santri dapat lancar dan benar dalam mengetahui bacaan yang terdapat dalam Al-Qur'an.


Keempat Hafalan Surat Al-Qur'an Mewajibkan santri untuk menghafal surat-surat Al-Qur'an yaitu surat pilihan yang mana surat tersebut mudah dihafalkan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.


Kelima Dedikasi dan Loyalitas Pesantren mendisiplinkan santrinya dalam kegiatan yang ada di pesantren dari aturan dan norma yang dapat menjadikannya kebiasaan dalam kehidupannya.


Keenam Amanah dan Tanggungjawab

Yang mana disini santri diberikan tugas sebagai pengurus pondok ataupun Ketua dalam setiap kamar, mereka di didik untuk menjalankan tanggung jawab dan juga kepercayaan dalam pesantren Arrahman.


"Ketujuh Toleransi dan Tenggang rasa yang mana santri ditempatkan dalam satu kamar yang berisikan beberapa santri dimana mereka dibiasakan bertoleransi terhadap santri lain agar terjalin kehidupan yang rukun, aman dan damai," ungkapnya.


"Jadi santri yang di wisuda ini santri yang telah mengenyam pendidikan di tingkat MA dan SMK selama tiga tahun lamanya," sambungnya.


Adapun program pendidikan unggulan masih kata Iim Hujaemi, yang ada di Pondok Pesantren Arrahman Cidadap ini, terdiri dari tiga kategori produk pendidikan yang dilaksanakan oleh para santri yang di wisuda ini.


"Program pondok pesantren Arrahman Cidadap ini pertama Tahfiz, kedua Amsilati (metode belajar baca kitab kuning) dan, ketiga untuk Pendidikan umum MA dan SMK," jelasnya.


Iim Hujaemi mengajak masyarakat Kota Serang khususnya dan Banten pada umumnya bahkan di luar wilayah Banten.


"Mari kita sama sama menghidupkan dunia pesantren, di Pondok Pesantren Arrahman dengan Tholabul Ilmi atau mengejar ilmu putra putri kita dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan Islam segera mendaftar dan bergabunglah," tutupnya.


[Rays]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Iim Hujaemi Terapkan Nilai Internalisasi di Pondok Pesantren Arrahman Cidadap

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan