Semarakan Merdeka Belajar, BPMP Banten Gelar Jalan Sehat

Ansori S
Minggu, Mei 14, 2023 | 18:42 WIB Last Updated 2023-05-14T11:42:45Z
Dok. Istimewa

SERANG | Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 ( Hardiknas), BPMP Provinsi Banten beserta 4 UPT Kemendikbud-Ristek yang berada di Provinsi Banten yaitu Balai Guru Penggerak Provinsi Banten, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VIII (Banten-Jakarta), Kantor Bahasa Provinsi Banten, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa serta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Serang dan Dinas Pendidikan Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat, Minggu, 14 Mei 2023. 


Walikota Serang hadir sekaligus melepas secara langsung jalan sehat UPT Kemendikbudristek Provinsi Banten yang diselenggarakan di Alun-alun Timur Kota Serang yang dihadiri oleh sekitar 1.250 peserta. 


Dalam kesempatan ini, Walikota Serang Syafrudin menyampaikan, jalan sehat merupakan media yang efektif untuk menunjukkan semangat juang, baik para guru, siswa-siswi, tenaga kependidikan Kota Serang sangat mendukung kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbud-Ristek. 


Kepala BPMP Banten Afrizal Sihotang menjelaskan pula bahwa kegiatan ini bermaksud untuk memasyarakatkan Kebijakan Merdeka Belajar Kemendikbud-Ristek yang dituangkan dalam 24 episode Merdeka Belajar.


"Kegiatan ini untuk memasyarakatkan Kebijakan Merdeka Belajar yang dituangkan dalam 24 episode Merdeka Belajar," jelasnya. 


Senada dengan hal tersebut, Kepala Dispenbud Kota Serang Tb M Suherman menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat diminati oleh masyarakat, sehingga ini menjadi sebuah media yang tepat untuk menyuarakan semangat Merdeka Belajar.


“Jalan sehat ini, animo masyarakatnya masih sangat tinggi, jumlag peserta yang diikuti sekitar 500 orang lebih bahkan saat ini terlihat lebih banyak melebihi jumlah yang sudah diperkirakan,” ujar Suherman.


Ia menjelaskan arti merdeka belajar yang terus-terusan disuarakan baik Pemerintah tingkat Nasional, Provinsi hingga Kabupaten/Kota dengan makna bahwa program ini pemerintah memberikan keleluasaan dalam menimba ilmu, bukan hanya ilmu akademik namun juga ilmu non-akademik.


"Merdeka belajar itu Pemerintah memberi keleluasaan pada guru dan peserta didik untuk mengggali potensi yang ada dan tidak terpaku kepada administrasi yang tertera," jelasnya.


Ia berharap agar masyarakat terus semangat dalam belajar terlebih saat ini Pemerintah Kota Serang masih terus mendeklarasikan merdeka belajar dilingkungan pendidikan.


Sementara itu Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dispenbud Abdul Kodir mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan jalan sehat ini dalam rangka Kebijakan Merdeka Belajar dan memperingati Hardiknas tahun 2023.


"Kegiatan ini sangat positif agar masyarakat tau kebijakan Merdeka Belajar, dan apa yang disampaikan Kepala Dispenbud Kota Serang ini bahwa program ini pemerintah memberikan keleluasaan dalam menimba ilmu," jelasnya. 


Selain itu, kata Abdul Kodir kegiatan jalan santai ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional sekaligus mengenalkan Platform Merdeka Belajar, dengan harapan para guru, Kepala sekolah serta peserta didik mensukseskan Merdeka belajar sehingga dapat mencetak siswa-siswi Kota Serang bermutu dan berkualitas.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarakan Merdeka Belajar, BPMP Banten Gelar Jalan Sehat

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan