Berjamaah, Pentahelix Mewujudkan Bebas Sampah

Ansori S
Selasa, Agustus 01, 2023 | 22:59 WIB Last Updated 2023-08-01T15:59:19Z
Dok. Aksi susur sungai WorldCleanupday Banten  bersama rehabilitasi foundation (ist) 

PANDEGLANG | WorldCleanupday Banten  bersama rehabilitasi foundation menggelar Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Sungai Cipunten Agung, Sabtu 29 Juli 2023.


WCD Banten ingin berkontribusi terhadap kebersihan dan kelestarian sungai serta wujud dukungan terhadap kegiatan lingkungan KLHK. 


Dalam aksi susur sungai ini dihadiri langsung oleh H. Didin Fahrudin, M.M mewakili Kepala Dinas PUPR Kabupaten  Pandeglang, Jajaran OPD dari 3 Kepala Desa dan Kecamatan Labuan, Kapolsek Labuan, TNI-AL Labuan, beberapa organisasi sekolah berada di Kecamatan Labuan serta masyarakat dan 300 relawan. 


Titik susur sungai sejauh sekitar 7 km, mulai dari hulu itu Desa Kalanganyar hingga ke hilir Desa teluk Kecamatan Labuan, Pandeglang-Banten. 


WCD Banten senantiasa berupaya melakukan memilah sampah dan tanaman pohon sengon, pohon jati. 


“Aksi ini sekaligus memperkuat kolaborasi antara WCD Banten dan Rehabilitasi Foundation untuk bersama-sama peduli akan ekosistem lingkungan sungai, permasalahan sampah yg dibuang ke sungai," ujar Ridho H Leader's WCD Banten. 


Sampah anorganik seperti plastik, styrofoam dan tekstil yang terkumpul dari kegiatan ini ditimbang untuk dapat didaur ulang dengan melibatkan penggiat lingkungan yang memiliki kemampuan dalam mendaur ulang sampah plastik dan tekstil.


Selain itu, ada pula agenda sensus sampah yang dapat mengidentifikasi identifikasi sampah untuk dapat diketahui jenis dan volumenya. Dengan mengetahui jenis dan volumenya, kegiatan sensus sampah tersebut dapat memetakan sumber-sumber pencemar dominan yang berdampak pada kelestarian sungai.


“Dilaksanakannya kegiatan ini juga untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian sungai. Sungai bukanlah tempat membuang sampah,” pungkasnya. 


[Tia]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berjamaah, Pentahelix Mewujudkan Bebas Sampah

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan