Produk UMKM Ecoprint Cahaya Cinta Carenang dan Ecobrik Ikuti Program KaTa Kreatif

Ansori S
Sabtu, Agustus 19, 2023 | 16:19 WIB Last Updated 2023-08-19T09:19:06Z
Dok. Pameran KaTa Kreatif di Plaza Aspirasi KP3B Kota Serang (ist) 

SERANG | Batik Ecoprint Produk Cahaya Cinta Carenang yang digagas Ibu Camat Carenang Kabupaten Serang Alvinna Amir mengikuti program workshop peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia yang digelar di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang.


Dalam acara tersebut dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno, Pj Gubernur Banten Al Muktabar serta sejumlah OPD Provinsi Banten hadir dalam rangka Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, yang di gelar di Plaza Aspirasi KP3B Kota Serang.


"Pertama kali saya terkendala di cos akan tetapi saya sudah berkomitmen dengan suami saya pak Arif Roikhan selaku Camat Carenang apapun yang terjadi satu kain Ecoprint harus bisa menggaji karyawan kami 100 ribu per kain, jadi ini memang tantangan buat kami," ungkap Alvinna pada saat berbincang bincang bersama Kemenparekraf RI Sandiaga Uno pada Workshop Kata Kreatif di Plaza Aspirasi KP3B Kota Serang pada Sabtu, (19/8/2023).


Lanjut Alvinna, Pihaknya yakin berkat kerja keras dan berproses serta berkomitmen jadi apapun yang terjadi kami akan memberdayakan ibu ibu PKK Kecamatan Carenang.


"Jadi bukan hanya Ecoprint saja, kami juga membuat Ecobrik dari botol Aqua dan plastik bekas yang kemudian dipotong potong kecil dan dimasukan kedalam botol yang memang setiap hari kita berkeliling disekolah sekolah sambil mensosialisasikan tentang sampah," ujarnya.


Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Banten ini berbatasan dengan langsung dengan DKI Jakarta. Tapi angka pengangguran di Banten masih tinggi.


"Maka harus ada keberpihakan kepada UMKM," ujar Sandiaga Uno, akepada wartawan 


Sandiaga Uno, menjelaskan, 97% lapangan kerja berasal dari UMKM, maka sebanyak, 4,4 kita lapangan kerja dapat tercipta dari UMKM. 


"Maka dalam hal ini UMKM kabupaten Serang untuk segera mengirimkan produk UMKM nya untuk diuji petik agar menjadi Kabupaten/Kota Kreatif," jelasnya 


Untuk diketahui program Kata Kreatif merupakan program pengembangan Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah, serta membangun kesadaran dan komitmen seluruh pemangku kepentingan.


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Produk UMKM Ecoprint Cahaya Cinta Carenang dan Ecobrik Ikuti Program KaTa Kreatif

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan