Kesaksian Loay Harb, Perawat MSF di Gaza

Ansori S
Sabtu, Oktober 21, 2023 | 17:05 WIB Last Updated 2023-10-21T10:09:53Z

GAZA | Loay Harb adalah seorang perawat yang telah bekerja dengan Médecins Sans Frontières (MSF) / Dokter Lintas Batas selama 15 tahun terakhir di Gaza di klinik luka bakar MSF. Dia saat ini berlindung di rumahnya di sebelah kantor MSF di Kota Gaza bersama keluarga dan anak-anaknya. Saat ini, Loay, seperti banyak warga lainnya, tidak memiliki makanan, air atau listrik. Dia menyampaikan dengan kata-katanya sendiri situasi putus asa di lapangan: https://youtu.be/dB7JbKKhUJE


“Situasi di sini sangat sulit. Kami tidak memiliki listrik, air, atau internet. Tidak ada tempat yang aman di sini dan situasinya sangat sulit: tidak ada keamanan, tidak ada roti, tidak ada air, dan tidak ada listrik sejak awal perang hingga sekarang. Allah bantu kami di masa sulit ini," katanya.


Saat ini, kami tidak mempunyai air minum; air yang kita miliki tercemar dan tidak aman untuk diminum. Kami bahkan tidak punya bahan bakar untuk memompa air sumur. Keluarga kami sedang melalui masa-masa yang sangat sulit.


Tidak ada tempat yang aman di tengah pemboman tersebut. Keluarga dan anak-anak kami mengungsi dari utara ke selatan dan dari selatan ke tempat lain. Kami tidak punya tempat tinggal yang aman.


Kami mengirimkan pasokan medis ke rumah sakit Al Shifa di Kota Gaza dua hari lalu. Pergerakan menuju rumah sakit sangat sulit, kami melihat ratusan orang berlindung di dalam rumah sakit sehingga sulit untuk berjalan di dalam rumah sakit saking padatnya. Kami membutuhkan banyak waktu untuk mengirimkan perbekalan.


Ada banyak sekali orang di dalam rumah sakit mereka mengira rumah sakit adalah tempat yang aman, padahal tidak ada tempat yang aman. Mayoritas cederanya sangat kritis.


Tidak ada cukup ruang. Ada beberapa pasien yang memerlukan operasi, dan mereka terbaring di tanah karena banyaknya orang di rumah sakit.


Saya memutuskan untuk tinggal di rumah saya karena tidak ada tempat yang aman di Gaza. Rumah saya dekat dengan kantor dan klinik MSF.


Sebagian besar keluarga saya memutuskan untuk pindah ke pusat Gaza dan ke selatan. Banyak orang yang pindah ke selatan kini kembali ke rumah mereka, karena mereka sangat menderita menjadi tuna wisma. Sekali lagi tidak ada listrik, tidak ada air dan situasinya sangat tegang bagi masyarakat di wilayah selatan.


"Saya masih bekerja setiap hari di klinik luka bakar bersama MSF. Kami masih menerima beberapa pasien dengan luka bakar. Saya membalut pasien-pasien tersebut. Sulit bagi mereka untuk kembali lagi untuk perawatan lanjutan, jadi saya menyiapkan perlengkapan untuk mereka dan menunjukkan kepada mereka cara melakukannya sendiri. Setidaknya ini yang dapat saya lakukan sebagai perawat,” tukasnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kesaksian Loay Harb, Perawat MSF di Gaza

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan