Warga Gaza yang Mengungsi di Tepi Barat Ingin Kembali ke Rumah Mereka

Ansori S
Minggu, November 05, 2023 | 20:18 WIB Last Updated 2023-11-05T13:19:10Z
Dok. Istimewa

GAZA | Ribuan warga Gaza yang bekerja di Israel dicabut izinnya setelah 7 Oktober 2023. Menyusul serangan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober, ribuan warga Gaza yang bekerja di Israel dicabut izinnya.


Menurut Kementerian Tenaga Kerja Palestina, sekitar 6.000 orang kini mengungsi di Tepi Barat, beberapa di antaranya hidup dalam kondisi yang menyedihkan.


Tim Doctors Without Borders Médecins Sans Frontières (MSF) membantu mereka melalui donasi, termasuk obat-obatan untuk penyakit tidak menular, dan juga menawarkan dukungan kesehatan mental. 


“Sebelum tanggal 7 Oktober, semuanya baik-baik saja bagi saya” kata Hussein (62), yang tinggal di Gaza namun telah bekerja di Israel selama 37 tahun sebelum perang yang terjadi di Jalur Gaza saat ini, Minggu (5/11).


“Saya bekerja di Ashdod. Terkadang saya tidur di sana, dan terkadang saya kembali ke Gaza untuk mengunjungi keluarga saya dan tinggal bersama mereka,” tambahnya.


Untuk mencari nafkah bagi keluarganya, Hussein mengecat rumah dan bekerja di pertanian di Ashdod, sebuah kota di Israel sekitar 35 hingga 40 kilometer sebelah utara Gaza. 


“Saya diperlakukan dengan baik, dan saya punya banyak teman Israel,” katanya.


“Sehari sebelum serangan 7 Oktober, saya sedang minum kopi bersama sahabat saya di tempat tinggal saya. Dia orang Israel, dan saya bertemu dengannya saat membeli sayuran di pasar. Saya biasa membawakannya dan keluarganya buah-buahan dan sayur-sayuran dari Gaza. Keluarga kami juga saling mengenal baik,” ujarnya


Namun pada tanggal 7 Oktober segalanya berubah bagi Hussein.


“Saya sedang tidur ketika teman saya dan seorang pria lain memasuki kamar saya dan mulai memukuli saya dengan tongkat. Mereka berteriak, ‘orang-orangmu membunuh kami di sini dan kamu tidur di rumah kami!’ Mereka melepaskan anjing-anjingnya ke arah saya. Mereka menggigit dan merobek perut dan dada saya," ujarnya. 


Setelah 10 menit, Hussein berhasil melarikan diri, namun butuh waktu 30 menit untuk mencapai tempat yang aman. 


“Saya menelepon seorang teman Israel saya, yang datang menjemput saya. Dia membawa saya ke rumah teman lain, dan saya bersembunyi di sana selama 10 hari tanpa melihat matahari. Pada tanggal 18 Oktober, saya naik taksi dan datang ke sini di Tepi Barat," ungkapnya. 


Hussein tiba di Ramallah, kota utama Tepi Barat, dan memutuskan untuk menuju ke utara menuju Jenin, tempat banyak pusat yang dikelola oleh Pemerintah Palestina menampung ratusan pengungsi Gaza. 


Tim MSF melakukan perjalanan ke pusat-pusat tersebut untuk memberikan sumbangan medis, termasuk obat-obatan untuk penyakit tidak menular, dan menawarkan dukungan kesehatan mental. Beberapa pasien telah melaporkan kepada tim kami bahwa mereka dipukuli, dihina dan dianiaya ketika ditahan oleh pasukan Israel sejak 7 Oktober. 


“Orang-orang di sini sangat baik. Saya tidak menduganya,” kata Hussein.


“Tetapi keluarga saya berada di Kota Gaza. Istri dan anak-anak saya tinggal di sana. Terkadang saya berhasil menghubungi mereka melalui telepon. Mereka memberi tahu saya bagaimana situasinya di sana. Ini mengerikan," tukasnya.


Saya hanya ingin hidup damai. Kami tidak ingin mengganggu siapa pun, dan kami berharap tidak ada yang mengganggu kami. Untuk hidup damai dalam keluarga kita, anak cucu kita. Palestina adalah negaraku, di manapun aku berada, itu adalah negaraku. Saya ingin sekali bertemu keluarga saya di Gaza.


Saat ini, Hussein yakin bahwa dia tidak akan pernah bisa kembali ke Ashdod, kota tempat dia dulu bekerja. 


“Situasinya tidak akan pernah sama,” katanya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Gaza yang Mengungsi di Tepi Barat Ingin Kembali ke Rumah Mereka

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan