Kapolres Serang Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2019

serangtimur.co.id
Sabtu, November 02, 2019 | 10:54 WIB Last Updated 2019-11-02T03:54:40Z


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH., memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak 2019, di wilayah hukum Polres Serang, di halaman Mapolres Serang, Sabtu (02/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Karo Rena Polda Banten Kombes Pol Tejo, Dir Narkoba Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo S.IK, MH, Wadir Pam Ovit Polda Banten AKBP Syahdudi S.IK., M.Si, Wadir Sabhara Polda Banten AKBP Akmadi S.IK., Pejabat Roops Polda Banten AKBP Wishnu S.IK., Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan S.IK, MH., Waka Polres Serang Kompol Agung cahyono S.IK., Para PJU Polres Serang dan Kapolsek Jajaran Polres Serang.

Adapun peserta apel terdiri dari, 491 personil anggota Polres Serang dan Polsek jajaran, 370 personil BKO dari Sat Brimobda Polda Banten, Dit samapta Polda Banten, Polresta Tangerang, Polres Lebak, Polres Pandeglang, Kodim 0602/Serang  dan linmas Pemkab Serang.

Dalam arahannya, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, menyampaikan, bahwa jegiatan yang dilaksanakan saat ini dalam rangka Apel pergeseran pasukan operasi aman Pilkades Kalimaya 2019 di wilayah hukum Popres Serang. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan pengamanan di TPS.


"Perlu diketahui dinamika situasi pada tahapan Pilkades Serentak Tahun 2019 setiap saat dapt berubah, maka dari itu agar Bhabinkamtibmas dan unit Intelkam maupun personil Pam TPS melakukan penggalangan dan melekat kepada masing-masing Calon Kades dan apabila terdapt potensi kerawanan sekecil apapun agar segera disampaikan," kata Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, dalam arahannya.

Indra menjelaskan, di wilayah hukum Polres Serang terdapat beberapa Desa yang dipetakan sebagai daerah rawan, untuk antisipasi hal tersebut, masing - masing Polsek akan ada personil BKO tambahan.

"Apabila terdapat permasalahan atau sengketa, untuk tekhnis penanganannya sesuai Peraturan Bupati maupun Perda Kabupaten Serang, semua ada pada buku saku yang telah dibagikan kepada personil pam TPS," jelasnya.

Dirinya juga meminta, agar personil yang yang ditunjuk sebagai Panwas baik dari TNI maupun Polri agar menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkades.


Sementara, lanjut Indra, setiap pergeseran logistik Pilkades agar personil selalu melekat melakukan pengawalan guna mengantisipasi adanya potensi kerawanan.

"Semua kendali tekhnis penggunaan kekuatan maupun pergeseran pasukan ada dibawah kendali Kapolsek jajaran, secara umum Kapolres Serang," tegasnya.

Sedangkan, untuk personil BKO dari Sat Brimob Polda Banten akan standby di Mako Polres Serang, dan apabila sewaktu - waktu perlu penebalan di Polsek akan didorong ke Lokasi dimaksud.

"Kelengkapan masing-masing personil Pam TPS agar dicek kembali baik tongkat, borgol, pluit dan lain sebagainya. Dan setiap personil Pam TPS harus mengetahui harus bertindak seperti apa dan melapor kepada siapa apabila sewaktu - waktu terdapat kejadian," pungkasnya.


Sementara itu tim Pamatwil Polda Banten Dir Narkoba Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo S.IK., MH menyampaikan, bahwa, setiap dinamika sotuasi di wilayah pada saat pelaksanaan Pilkades jangan under estimate namun harus tetap over estimate mengingat setiap saat situasi dapat berubah.

Menurutnya, penyampaian arahan yang disampaikan oleh Kapolres Serang agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

"Agar setiap Kapolsek bertanggung jawab penuh di wilayahnya. Baik dalam pelaporan perkembangan situasi maupun penggunaan kekuatan personil BKO. Dan setiap pergerakan pasukan, sepenuhnya ada dibawah kendali Kapolres Serang," ujarnya.

Selanjutnya dilakukan pengecekan kelengkapan pribadi masing-masing Personil Pam TPS dan Personil BKO seperti tongkat, borgol, pluit, senter dan lain sebagainya.

(Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Serang Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2019

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan