Dalam Rangka Pengamanan Nataru, Polres Serang Kota Gelar Latihan Pra Ops Kalimaya 2019

serangtimur.co.id
Kamis, Desember 19, 2019 | 19:41 WIB Last Updated 2019-12-19T12:41:37Z


SERANG (STC) - Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Serang Kota Polda Banten menggelar  Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Lilin Kalimaya 2019 di Aula Mapolres Serang Kota, Kamis (19/12/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono yang didampingi oleh Wakapolres Kompol Mi'rodin dan Kabag Ops serta diikuti oleh para Kapolsek jajaran, pejabat utama dan personel yang ditugaskan dalam operasi tersebut dengan tema "Melalui Bimtek Lat Pra Ops Lilin Kalimaya 2019, Kita Tingkatkan Professionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri".

Dalam sambutanya, Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, S.IK., mengatakan, Ops Lilin kalimya 2019 sifatnya adalah operasi kemanusiaan dalam pelaksanaannya itu adalah mengedepankan Preemtif dan Preventif menggunakan pola Represif kecuali sifatnya insidentil.

"Dalam pelaksanaan pengaman polanya adalah pengamanan dan pelayanan sesuai dengan dukungan anggaran dan sesuai dengan penyusunan personil yang sudah kita buat," kata Edhi.


Menurutnya, dalam rangka operasi kita menggunakan dan menyesuaikan anggaran yang ada sesuai dengan hibah yang ada adalah 193 Personil yang dibiayai oleh negara.

Sehingga, lanjut Edhi, dalam pelaksanaan kita terbagi dalam satu posko dan emam pospam ditambah dengan pengamanan Natal gereja kita dalam pelaksanaannya karena operasi ini bersifat kemanusiaan kita tidak terpaku dalam personil, waktu pelaksanaan selama 10 hari.

"Di dalam pembentukan pospam dan posyan di masing-masing pos itu adalah satu perwira yaitu para Kapolsek. Jadi nanti yang pertama dipersiapkan adalah persiapan pembentukan pos Pam dan posyan itu berada di alun-alun itu ada enam, mulai dari Padarincang, Palima, Baros, Kasemen, Terminal Pakupatan dan Kramatwatu," paparnya.


Sementara, Edhi menyebut, pada Posyandu dan pospam alat komunikasi harus dilengkapi dengan perlengkapan perlengkapan pospam, kemudian pospamnya dibuat senyaman mungkin karena ada penilaian.

"Pada pelaksanaan operasi selama 10 hari kita dibantu dari rekan-rekan TNI dan rekan dari pemerintahan atau dari non pemerintahan seperti Saka Bhayangkara," imbuhnya.

Sedangkan, hasil dari rapat Forkopimda Kabupaten Serang itu bahwa pemerintah Kabupaten Serang akan ikut serta membantu sesuai dengan kompetensi mereka seperti dinas kesehatan yang menyiapkan mobil ambulance dan tempat kesehatan.

"Tempat ibadah semuanya ada di wilyahah Polsek Serang sehingga polsek kota di Posyan nya di perbanyak jumlah personil pengamanannya. Untuk kegiatan Ops Lilin Kalimaya 2019 selama 10 hari di Posyan dan Pospam agar selalu dibuatkan laporannya," pungkasnya

(Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dalam Rangka Pengamanan Nataru, Polres Serang Kota Gelar Latihan Pra Ops Kalimaya 2019

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan