Dukung Pendidikan Islam, Pemkan Serang Terus Tingkatkan Bantuan Ponpes

serangtimur.co.id
Kamis, Desember 26, 2019 | 19:29 WIB Last Updated 2019-12-26T12:29:04Z


SERANG (STC) - Pemerintah Kabupaten Serang terus mendukung pendidikan Islam yang berlangsung di pondok pesantren (ponpes). Salah satunya, dengan terus meningkatkan program bantuan pembangunan ponpes setiap tahun.

Kepastian peningkatan program bantuan ponpes disampaikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat meresmikan Pondok Pesantren Baitul Ulum El Musawwa di Kecamatan Kramatwatu, Kamis (26/12/2019).

"Tahun 2020, ada 20 ponpes yang mendapatkan bantuan bangunan," kata Tatu usai meresmikan Pondok Pesantren Baitul Ulum El Musawwa.

Sekadar diketahui, bantuan keagamaan untuk ponpes setiap tahun meningkat. Pada tahun 2017 hanya satu ponpes, 2018 sebanyak lima ponpes, dan tahun 2019 sebanyak 13 ponpes. Kemudian pada 2020 direncanakan diberikan bantuan untuk 20 ponpes.


Tatu berharap, program tersebut bermanfaat meski kebutuhan sarana dan prasarana ponpes masih banyak, termasuk di Ponpes Baitul Ulum El Musawwa.

"Saya rasa dengan keterbatasan anggaran yang ada, Bismillah pemda bisa diperbuat. Semoga semua ponpes di 29 kecamatan mendapatkan bantuan, setelah itu itu kita ulang lagi bantuan seterusnya," tegas Tatu.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Pendidikan pada Dinas Permukiman Kawasan Perumahan dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang, Deni Hartono menjelaskan, pada  tahun 2019 bantuan untuk 13 ponpes sudah selesai dilaksanakan.

"Untuk anggarannya rata-rata Rp200 juta setiap bangunan," ujarnya.


Bantuan tersebut, kata Deni, berdasarkan pengajuan proposal yang diajukan pada tahun sebelumnya. Sedangkan peruntukannya yang sudah tercatat di proposal dan diverifikasi.

"Jadi bantuannya bukan hanya untuk majelis taklim, ada juga yang buat kamar santri, ruang kelas, dan lainnya, yang sifatnya untuk kegiatan keagamaan," jelasnya.

Ketua DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Serang, Dimo Tono Sumito mengapresiasi kepedulian Pemkab Serang kepada ponpes di Kabupaten Serang.


"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Serang yang selalu bersinergi dan sejalan dengan kami," ujarnya.

Dia menjelaskan, ponpes binaan DPD LDII Kabupaten Serang berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia (SDM) santri sehingga memiliki alumni yang mumpuni.

"Saat ini sedang berlangsung kajian hadits Bukhori yang diikuti seluruh santri, ustadz ustadzah se-Kabupaten Serang dan sekitarnya," tuturnya.

(Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Pendidikan Islam, Pemkan Serang Terus Tingkatkan Bantuan Ponpes

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan