Gerhana Matahari, Polres Serang Kabupaten Gelar Dzikir dan Pembacaan Asmaul Husna bersama

serangtimur.co.id
Kamis, Desember 26, 2019 | 14:32 WIB Last Updated 2019-12-26T07:32:37Z


SERANG (STC) - Jajaran Polres Serang Kabupaten Polda Banten, melaksanakan kegiatan tausyiah Agama Islam, Dzikir dan pembacaan Asmaul Husna bersama Serta pelaksanaan shalat gerhana matahari, di masjid Polres Serang Kabupaten, Kamis (26/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Para PJU Polres Serang Kabupaten, Jama'ah sebanyak 70 orang yang terdiri dari anggota Polri dan PNS Polres Serang dan Penceramah sekaligus imam Shalat Sunah Gerhana Matahari Ustad Maryadi Gosara (Ustads Kamtibmas Polsek Ciruas).

Dalam Tausyiah Agama Islam yang bertemakan "Gerhana Matahari Sebagai Salah Satu Kebesaran Allah SWT" gerhana Matahari ini, seorang muslim tidak melihatnya sebagai fenomena alam semata. Tapi lebih dari itu, ia mengaitkan dengan keimanannya bahwa gerhana terjadi dengan kehendak Allah.

"Dia yang menghendaki dan memerintahkannya. Tentu dengan hikmah yang diinginkan oleh-Nya," ucap ustad Maryadi, saat menyampaikan tausiyahnya.


Menurutnya, gerhana Matahari ini, bukan hanya dijadikan sebagai keta'ajuban akan fenomena alam sehingga dijadikan sebagai media rekreasi semata. Tapi seharusnya ditumbuhkan keimanan terhadap ke-Mahakuasa-Nya.

"Pembuktiannya dalam bentuk amal nyata, berupa mendirikan shalat, berdo'a, dan banyak beristighfar kepada-Nya," imbuh.

Ia mengatakan, hukumnya, menurut jumhur ulama, adalah sunnah muakkadah. Shalat gerhana sebanyak dua rakaat. Disetiap rakaat ada dua kali berdiri dengan membaca Al-Fatihah dan surat sesudahnya, dua ruku’, dan dua sujud.

Ia menyampaikan, disunnahkan melaksanakannya dengan berjamaah tanpa adzan dan iqomah. Tapi dikumandangkan ajakan shalat dengan "Al-Sholaatu Jaami'ah". Juga disunnahkan khutbah sesudahnya.

Dan memberi nasihat kepada jama'ah dan mengingatkan mereka untuk kembali kepada Allah dengan ketaatan dan ketaqwaan.

(Rls/Red)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerhana Matahari, Polres Serang Kabupaten Gelar Dzikir dan Pembacaan Asmaul Husna bersama

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan