4 Hari Menjabat Kapolres Serang, AKBP Mariyono Laksanakan Kunjungan Kerja ke MUI, FKUB, KPU dan Bawaslu Kabupaten Serang



SERANG (STC) - Baru Empat hari menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort (Polres) Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si melaksanakan kegiatan Kunjungan kerja ke MUI, FKUB Kabupaten Serang, KPU, Serta Bawaslu Kabupaten Serang, Senin (24/2/2020).

Dalam kunjungan kerja pertama Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si., didampingi Kasat Intelkam Polres Serang AKP Kornelis Koroh, SH, MM, Kaur BinOps Sat Intelkam Polres Polres Serang Iptu Muklas, Kanit 1 Sat Intelkam Polres Serang Ipda Saeful Sani, S.E dan disambut oleh Ketua FKUB Kabupaten Serang Drs. KH. Maskun M.Si, Ketua MUI Kabupaten Serang KH. Rahmat Fatoni, Ketua FSPP Kabupaten Serang KH. Fuad Damanhuri, Ketua Muhamadiyah Kabupaten Serang Drs. Mabrur, dan Ketua NU Kabupaten Serang KH. Kholil Sayuti.

Pada kesempatan tersebut, Ketua MUI Kabupaten Serang KH. Rahmat Fathoni Lc, menyampaikan selamat datang kepada Kapolres Serang yang baru, semoga kedepan dapat lebih amanah dalam mengemban tugasnya.


"Semoga setelah pertemuan ini kita bisa menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik agar terciptanya tali persaudaraan yang harmonis," ucapa KH.Ramat Fatoni.

Seraya dengan Ketua MUI, Ketua FKUB  KH. Maskun, juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Serang atas kehadirannya, semoga Bapak bisa cepat menyesuasikan di wilayah Kabupaten Serang.

"Sebelumnya kami memiliki 7 unsur ketua MUI, fungsinya adalah supaya kedepan jika adanya kegiatan yang mengundang MUI semua dapat terkendali," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Kyai sudah menerima dirinya dengan baik disini.


"Semoga kedepan bapak Kyai bisa lebih mendekatkan diri dengan saya. Saya sendiri selaku Kapolres Serang yang baru ingin meningkatkan komunikasi yang baik terhadap semua kalangan," ucap Kapolres.

Selanjutnya Kapolres Serang bersama rombongan meningkalkan kantor sekertariat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Serang untuk menuju ke Kantor KPU Kabupaten Serang.

Dan pada kesempatan tersebut, Kapolres Serang, Kasat Intelkam Polres Serang, KBO Sat Intelkam Polres Serang dan Kanit I Sat Intelkam Polres Serang langsung disambut oleh Ketua KPU Kab Serang dan Sekertaris KPU Kab Serang.


Pada kesempatan kali ini, Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si menyampaikan, kedatangan pihaknya saat ini, dalam rangka silaturahmi sehubungan sebagai pejabat baru Kapolres Serang.

Kapolres juga meminta dukungan Ketua KPU Kab Serang dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 Kab Serang.

"Agar sekecil apapun permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan tahapan Pilkada Tahun 2020 dilaporkan guna mengantisipasi kemungkinan kerawanan yang dapat menimbulkan potensi konflik," ucap Kapolres.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolres Serang. Ia juga menjelaskan wilayah Kabupaten Serang diamankan oleh 5 instansi yaitu 3 Polres, Polres Serang, Polres Serang Kota, Polres Cilegon, dan 2 Kodim, Kodim 0602 Serang, Kodim 0623 Cilegon.


Sendangakan, lanjut Abidin, untuk pulau terluar yang ada di wilayah hukum Polres Serang yaitu pulau tunda yang masuk ke Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang.

"Pada pelaksanaan penyelenggaraan pesta demokrasi Kabupaten Serang Tahun 2020, KPU Kab Serang akan bekerja sama dan menginformasikan setiap perkembangan informasi kepada Pihak Kepolisian khususnya Polres Serang guna mengantisipasi potensi kerawanan yang dapat menimbulkan konflik horizontal," ujarnya.

Usai mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, selanjutnya Kapolres Serang AKBP Mariyono menuju Kantor Bawaslu Kabupaten Serang.


Kapolres Serang didampingi Kasat Intelkam Polres Serang, KBO Sat Intelkam Polres Serang, dan Kanit I Sat Intelkam Polres Serang langsung disambut Ketua Bawaslu Kabupaten Serang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi mengatakan, Bawaslu Kabupaten Serang telah melaksanakan monitoring penyerahan berkas pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Serang jalur perseorangan pada Pilkada Tahun 2020, yang mana sampai tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 wib tidak ada paslon yang memenuhi persyaratan.

Yadi menjelaskan, untuk jumlah syarat dukungan Paslon perseorangan yang telah ditentukan oleh UU yaitu sebanyak 6,5% (76.752 pemilih tingkat Kabupaten Serang).

"Untuk saat ini, kegiatan yang sedang dilaksanakan saat ini oleh Bawaslu Kabupaten Serang yaitu Rekruitment pengawas tingkat Desa se Kabupaten Serang," jelas Yadi.

Yadi juga merinci, jumlah Panwascam sebanyak 3 orang tiap Kecamatan, Pengawas Desa sebanyak 1 orang tiap Desa. Dan Bawaslu akan mengusulkan daftar nama personil yang akan dimasukkan sebagai anggota Sentra Gakkumdu Kab Serang Pada Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Serang.


"Bawaslu Kabupaten Serang akan melaporkan setiap perkembangan informasi pelanggaran Pilkada Tahun 2020, maupun setiap tahapan yang sedang dilaksanakan oleh Bawaslu," tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Mariyono, S.IK., M.Si, menyampaikan, erkait dengan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, Bawaslu Kabupaten Serang bersama dengan Pihak Kepolisian harus bertindak dengan jujur dan adil sehingga suara masyarakat yang merasakan pesta demokrasi merasa di amankan.

Sedangkan, lanjut Kapolres, untuk pengusulan personil Polres Serang yang akan dimasukkan sebagai anggota Sentra Gakkumdu Kabupaten Serang, dan dapat berkoordinasi pada hari Rabu, 26 Februari 2020 mengingat untuk saat ini belum dilaksanakan serah terima jabatan Kasat Reskrim Polres Serang.

"Agar setiap perkembangan informasi mengenai tahapan khususnya pelanggaran Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Serang dilaporkan secara cepat agar dapat berkoordinasi untuk menentukan tindak lanjut penyelesaiannya," pinta Kapolres.

#Redaksi

Post a Comment

0 Comments