UPT Puskesmas Tirtayasa Laksanakan Kegiatan Lokakarya Lintas Sektor



SERANG (STC) - UPT Puskesmas Tirtayasa mengadakan kegiatan Lokakarya Lintas Sektoral yang berlangsung di Aula Puskesmas Kecamatan Tirtayasa, Selasa (18/02/2020).

Tujuan dari kegiatan ini adalah menuju Kecamatan Tirtayasa yang sejahtera, demokratis dan agamis, sejahtera yang ingin dicapai mencakup lahir dan batin, serta salah satu tinjauan sejahtera adalah kesehatan.

"Penyelenggaraan upaya kesehatan merupakan peran penting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal," ucap Kepala Puskesmas Tirtayasa Hj. Nunung.

Kepala Puskesmas Tirtayasa menambahkan, pelaksanaan upaya kesehatan wajib dan pengembangan harus menerapkan azas penyelenggaraan Puskesmas secara terpadu, yaitu azas pertanggungjawaban wilayah, pemberdayaan masyarakat, keterpaduan dan rujukan.

"Penyelenggaraan upaya kesehatan di Puskesmas dapat terlaksana secara optimal dengan manajemen yang baik. Kegiatan manajemen Puskesmas diawali dengan perencanaan tingkat Puskesmas yang tepat. Perencanaan disusun untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada diwilayah kerjanya," tambahnya.


Ditempat yang sama, Camat Tirtayasa Sadik meminta kepada Kepala UPT Puskesmas Tirtayasa agar tetap konsisten dalam perencanaan yang disusun melalui 4 tahap, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap analisis situasi, (3) tahap penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) dan (4) tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK).

"Tahap persiapan diawali dengan pembentukan Tim Penyusun PTP oleh Kepala Puskesmas yang beranggotakan staff Puskesmas dan pengarahan Kepala Puskesmas terhadap kebijakan yang telah ditetapkan," kata Camat Tirtayasa.

Masih kata Sadik, untuk tahap kedua yaitu tahap analisis situasi yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan permasalahan yang dihadapi Puskesmas melalui proses analisis terhadap data di wilayah kerja Puskesmas.

"Tahap selanjutnya yaitu tahap penyusunan RUK, yang diawali dengan analisis masalah melalui proses identifikasi masalah, penetapan urutan prioritas masalah, rumusan masalah, mencari akar penyebab masalah, dan menetapkan cara-cara pemecahan masalah," tambah Camat Tirtayasa.

Pada tahap ini, semua proses dilakukan dengan cara diskusi curah pendapat (Brain Storming). Tahap penyusunan RUK merupakan tahap penetapan cara-cara pemecahan masalah menjadi suatu kegiatan yang diusulkan dari berbagai sumber dana.

"Dimana dalam hal ini, mencakup upaya kegiatan wajib, pengembangan dan penunjang, termasuk juga kegiatan rutin/operasional," tutup Sadik.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Tirtayasa, Kepala UPT Puskesmas Tirtayasa, Anggota Polsek Tirtayasa, Anggota Koramil Tirtayasa serta Kasi dan Kesra Kecamatan Tirtayasa.

#Suprani

Post a Comment

0 Comments