Adde Rosi : Gerakan PAUD Berkualitas Sangat Menentukan Generasi Emas Banten

serangtimur.co.id
Rabu, Juli 22, 2020 | 22:56 WIB Last Updated 2020-07-22T15:56:47Z


SERANG (STC) - Bunda PAUD Provinsi Banten Adde Rosi Khoerunnisa bersama Pokja Bunda PAUD Provinsi Banten akan memperjuangkan kebutuhan PAUD yang ada di Banten dari Pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga kesejahteraan guru, kelembagaan dan fasilitas.

Bunda PAUD Provinsi Banten Adde Rosi Khoerunnisa mengatakan, kualitas PAUD sangat menentukan generasi emas Banten.

"Generasi emas itu ditentukan dengan pemenuhan hak. Salah satunya adalah pendidikan," ujar Adde Rosi saat pengesahan Pokja Bunda PAUD Provinsi Banten di gedung Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Rabu (22/7/2020).

Lanjutnya, Gerakan PAUD Berkualitas memerlukan peran serta seluruh masyarakat. Untuk itu, di dalam Pokja Bunda PAUD Provinsi Banten terdapat berbagai unsur elemen masyarakat, mulai dari akademisi, tenaga kesehatan, praktisi, serta yang lainnya untuk bersama-sama berperan serta memajukan PAUD di Banten.

"Kesejahteraan guru PAUD di Banten juga masih memprihatinkan. Hal itu juga menjadi salah satu hal yang akan diprioritaskan untuk diperjuangkan," katanya.

Ia menerangkan, pihaknya akan mendorong Bunda PAUD di kabupaten/kota untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan kepala daerah kabupaten/kota guna meningkatkan insentif bagi para guru PAUD.

"Selama ini, pemberian insentif kepada para guru PAUD disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemerintah daerah masing-masing," ungkapnya.

Kata Adde Rosi, bunda-bunda PAUD di kabupaten/kota rajin melaksanakan program dan menganggarkan bantuan. Namun, selama tiga tahun, Bunda PAUD Provinsi Banten tidak ada bantuan atau minimal pembinaan dan pengawasan.

"Karena kaitannya tadi masalah wewenang yang ada di undang-undang," tuturnya.

Dengan adanya Bunda PAUD tingkat provinsi, istri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy ini mengatakan, hal itu menjadi jalan keluar untuk beraudiensi dan menyampaikan aspirasi para pendidik PAUD kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Selain mengandalkan APBD, Adde Rosi juga mengaku pihaknya menggandeng stakeholder terkait yang ada di Banten agar dapat menyalurkan program coorporate social responsibility (CSR) mereka untuk pendidikan PAUD di Tanah Jawara ini.

"Kita angkat partisipasi mereka untuk kebutuhan PAUD yang ada di Banten," ujarnya.

Selain insentif, perempuan yang menjabat sebagai Anggota DPR RI ini mengungkapkan, fasilitas lembaga PAUD di Banten juga masih kurang. Untuk itu, peran semua stakeholder sangat dibutuhkan.

Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Banten Mira Merdianty mengatakan, pihaknya  akan berkordinasi dgn bunda paud kab/kota yg belum memiliki pokja paud supaya segera membentuknya, agar pelaksanaan teknis program kerja bunda paud dapat disinergikan melalui program kerja yang ada.

"Keberadaan Pokja Bunda PAUD di kabupaten/kota penting karena mereka yang lebih mengetahui kondisi PAUD yang ada di wilayah masing-masing. Dengan begitu, program yang akan dijalankan tepat sasaran," pungkasnya.

#Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Adde Rosi : Gerakan PAUD Berkualitas Sangat Menentukan Generasi Emas Banten

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan