PWI Banten Dukung Terbentuknya Forum Jurnalis Serang Raya




SERANG | Silahturahmi antar media terjalin sekaligus pembentukan forum Jurnalis Serang Raya (JSR) di RM Dapur Indah, Gorda, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Minggu (10/01/21).


Acara silaturahmi antar media ini sekaligus pembentukan JSR dihadiri dari berbagai media yang ada di Serang Raya, dimana secara aklamasi Ansori yang merupakan Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Bidang Industri dan Lingkungan ini terpilih sebagai ketua Jurnalis Serang Raya.


Seperti yang diungkapkan Ali asal Anyer yang juga jurnalis penabanten.com ini mengatakan dukungannya acara tersebut dan supportnya kepada ketua terpilih secara aklamasi.


"Saya mengucapkan selamat kepada Bang Ansori yang terpilih sebagai ketua JSR. Semoga dapat bekerja dengan baik, dan selalu kompak bersama rekan rekan wartawan," ucap Ali disela acara.


Sementara itu ketua JSR terpilih Ansori mengatakan akan meningkatkan silaturahmi antar jurnalis serta meningkatkan SDM jurnalis melalui pelatihan pelatihan jurnalistik.


"Alhamdulilah hari ini kita telah menyatukan visi misi kawan kawan jurnalis se Serang Raya. Kemudian hari ini juga saya terpilih menjadi ketua yang konsepnya adalah untuk meningkatkan silaturahim antar jurnalis, kemudian kedepan kita meningkatkan SDM nya melalui pelatihan pelatihan jurnalistik dan kita akan menggandeng PWI Banten dalam hal ini, kemudian juga kita akan bersinergi dengan seluruh unsur baik itu TNI-Polri dan pemerintah daerah dan swasta tentunya dan saya harapkan terbentuknya JSR ini juga dapat meningkatkan kapasitas kawan kawan jurnalis yang ada di seluruh Serang Raya khususnya," papar Ansori yang juga pernah menjabat bendahara PWI Kabupaten Serang.


"Harapannya kedepan untuk Forum JSR ini, agar kawan-kawan lebih profesional melakukan profesi sebagai jurnalis, terutama dalam penulisan berita harus memenuhi unsur 5 W 1H dan kaidah kaidah didalamnya," ujar Ansori mengakhiri.




Sementara itu, Ketua PWI Banten Rian Nopandra, mengatakan, pihaknya mendukung langkah rekan-rekan wartawan untuk membentuk suatu wadah (forum) jurnalis (JSR ini-red), selagi wadah tersebut mengikuti etika jurnalistik yang baik.


"Kami dukung. Asalkan Forum (JSR) ini sesuai koridor dan tidak menyalahi aturan. Dan PWI Banten, siap untuk memberikan pembinaan terhadap siapapun, tentunya dalam upaya peningkatan SDM para wartawan," kata pria yang akrab disapa Opan ini.


Opan juga berharap, kepada forum JSR yang baru terbentuk agar tetap menjaga independensi serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, sehingga lebih profesional dalam menjalankan tugas kewartawanannya.


Dan berdasarkan peraturan dasar PWI Pasal 9 poin 2, lanjut Opan, bahwa Anggota PWI dapat menjadi anggota dan atau ketua forum wartawan atau kelompok kerja wartawan di instansi/lembaga sepanjang tidak berbadan hukum dan tidak bertentangan dengan PD PRT, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku Wartawan.


"Jadi keberadaan JSR kita dukung asalkan tidak melanggar PD PWI pasal 9 poin 2 tersebut," tutupnya.


"Semoga kedepan dibawah binaan PWI Banten, JSR dapat meningkatkan komptensi anggotanya melalui KLW dan UKW," imbuhnya.


Kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan bersama ketua terpilih dan para jurnalis Serang Raya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar