Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, Pemkab Serang Kolaborasi dengan USAID

serangtimur.co.id
Rabu, Maret 10, 2021 | 18:15 WIB Last Updated 2021-03-10T11:33:14Z

SERANG | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memulai menjalin kerjasama dengan USAID (United States Agency for International Development) Madani. Salah satu yang difokuskan dalam kerjasama itu yakni memberikan bimbingan terhadap akuntabilitas tata kelola keuangan Desa.


Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang, Rahmat Maulana, usai membuka dan menjadi salah satu narasumber Workshop Tata Pemerintahan Kolaborasi Kabupaten Serang di Aula Tb. Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Rabu, 10 Maret 2021.


"Jadi begini yang melaksanakan (Workshop) USAID Madani, USAID Madani itu adalah kemitraan kita. Kita mengajukan pernyataan siap untuk menerima support dari USAID Madani," ujar Rahmat.


Dijelaskan Rahmat, USAID merupakan lembaga NGO Internasional atau Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat yang berpartner dengan PD Aisiyah Kabupaten Serang.


"Ini sebenarnya bagus buat kita, karena Pemda Kabupaten Serang baru pertama kali kita bekerjasama dalam kontek bagaimana membangun, mengembangkan OMS untuk bersama-sama dengan pemda berjalan beriringan guna penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," terangnya.


Kerjasama yang akan berjalan selama tiga (3) tahun kedepan, sebut Rahmat, bahwa tahun pertama akan lebih fokus bagaimana Simpul Madani Serang memberikan bimbingan terhadap akuntabilitas tata kelola keuangan desa.


"Supaya apa, supaya tata kelola keuangan di desa akuntabel. Teman-teman di desa juga lebih bagus tata kelolanya dan program-programnya bersinergi dengan Pemda Serang," katanya. 


Selain tata kelola keuangan di desa, Rahmat juga menargetkan isu-isu atau program besar.


"Nanti ke depan ada beberapa program isu besar seperti soal sampah, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan. Nah itu, kita akan kolaborasi dengan teman-teman Simpul Madani dalam rangka pengembangan OMS (Organisasi Masyarakat Sipil)," ungkap Rahmat.


Hadir juga sebagai narasumber lainnya pada workshop tersebut yakni, Sekretaris PDM Kabupaten Serang, Ulumudin, Naf’an Tarikhoran, Akademisi UIN Banten, dan Moderator Hunaenah PDA Kabupaten Serang. 


Field Coordinator USAID Madani Serang, Muslih Amin mengatakan, USAID MADANI mengadakan lokakarya untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang visi, pendekatan, agenda, dan perkembangan program MADANI di Kabupaten Serang.


Kegiatan membahas tentang pentingnya tata kelola pemerintahan kolaboratif yang mengutamakan kerja sama antara pemerintah daerah, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), dan sektor swasta dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Serang. 


"Acara ini mendiskusikan beberapa topik dari para pemangku kepentingan di Kabupaten Serang, termasuk Implementasi tata kelola pemerintahan kolaboratif di Kabupaten Serang, lesson learn, dan peluang ke depan. Jejaring Organisasi Masyarakat Sipil & kerjasama pembangunan Kabupaten Serang. Tata kelola pemerintahan kolaboratif: konsep akademis & praktik-praktik terbaik," ujarnya.


Muslih berharap, loka karya dapat menjadi kesempatan kepada peserta untuk memberikan umpan balik terhadap pemaparan narasumber dan strategi yang dapat dikolaborasikan dengan program MADANI dan/atau Pemda Serang. USAID MADANI merupakan program yang diselenggarakan selama 5 tahun yang didukung oleh United States Agency for International Development (Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat) dan dirancang untuk memperkuat akuntabilitas pemerintah dan mendorong keberagaman sosial di Indonesia.


"Untuk mencapai hal ini, USAID MADANI akan bekerja erat dengan OMS untuk (1) memperkuat kapasitas, efektivitas serta efisiensi kerja organisasi, (2) meningkatkan legitimasi OMS di mata pemerintah daerah dan masyarakat, dan (3) meningkatkan lingkungan yang memberdayakan bagi masyarakat sipil dan memobilisasi sumber daya lokal untuk mendukung keberlanjutan OMS agar dapat membawa perubahan sosial yang sangat dibutuhkan," terangnya. 


Diketahui, USAID MADANI melakukan kegiatannya di 32 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat, dan Provinsi Banten.


"Kabupaten Serang slaah satu daerah dari empat daerah di Banten yang bekerjasama dengan USAID Madani," jelas Muslih.


Dilaksanakan juga usai loka karya tersebut, pengukuhan Ketua dan Anggota Simpul Madani Serang. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rahmat Maulana.


#Ansori

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, Pemkab Serang Kolaborasi dengan USAID

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan