Lepas Satgas Pamtas Kembali ke Home Base, Pangdam XII/Tpr Apresiasi Yonif 407/PK

 

KUBU RAYA | Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara pelepasan purna tugas Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia Sektor Timur di lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr, Selasa (1/6/2021).


Satgas Pamtas Yonif 407/PK yang berjumlah 450 personel telah melaksanakan operasi pengamanan selama kurang lebih 9 bulan, menempati sebanyak 29 Pos yang tersebar mulai dari Kabupaten Kapuas Hulu sampai dengan Kabupaten Sanggau, yang saat ini telah digantikan oleh Satgas Pamtas Yonif 144/JY.


Dalam amanatnya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad berharap kepada Prajurit, dengan penugasan yang telah dilakukan selama ini, akan memberikan pengalaman yang berharga untuk melaksanakan tugas selanjutnya.


Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyebutkan selama penugasan Satgas Yonif 407/PK telah mencapai keberhasilan operasi yaitu sejumlah 407 kasus, diantaranya Ilegal Entry 136 kasus, Ilegal Trading 21 kasus, Ilegal logging 12 kasus, Ilegal satwa 2 kasus serta penyerahan Senpi Rakitan dari masyarakat sejumlah 168 kasus dan Muhandak 68 kasus.


Atas keberhasilan tersebut, Pangdam mengapresiasi Satgas Yonif 407/PK yang telah menunjukkan prestasinya selama bertugas di perbatasan, sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk lebih memantapkan tekad dan semangat juang dalam menyongsong tugas-tugas di masa yang akan datang. Selain itu, agar prestasi yang telah diraih dapat dipertanggungjawabkan dan ditingkatkan lebih baik lagi.


"Oleh karena itu, selaku Pribadi dan sebagai Pangdam XII/Tpr, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danyon beserta seluruh Prajurit Yonif 407/PK atas pelaksanaan tugasnya selama di perbatasan RI-Malaysia," ucap Pangdam selaku Pangkoopsdam XII/Tpr.


Selanjutnya Pangdam berpesan, kepada para unsur pimpinan, agar melaksanakan pengecekan personel maupun materiil terutama senjata dan Muhandak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.


"Jaga faktor keamanan dan tetap patuhi protokol kesehatan selama di perjalanan agar kita semua terhindar dari Covid-19. Selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, sampaikan salam hormat saya kepada keluarga yang telah menunggu kalian di Home Base," pesan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.


Sumber: Pendam XII/Tpr

Post a Comment

0 Comments