Dugaan Bantuan Benih di Komersialkan, Ini Tanggapan Wilbin BPP Carenang

Ansori S
Minggu, Oktober 30, 2022 | 20:01 WIB Last Updated 2022-10-30T13:03:28Z
Dok. Bantuan benih padi Gratis (ist) 

SERANG | Soal dugaan adanya pengkomersilan bantuan benih padi di Poktan Bojong Herang, Desa Pamanuk, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang pihak BPP Carenang menegaskan bahwa setiap Bantuan Pemerintah (Banpem) terutama di benih itu gratis. 


"Kami sudah tegaskan kepada seluruh Poktan agar tidak menjual-belikan setiap Banpem, terutama yang saat ini. Karena kebetulan ini bantuan murni, jadi ini gratis," kata Wilbin BPP Carenang Desa Mekarsari dan Pamanuk Yana, saat dihubungi via telpon, Minggu (30/10/2022). 


Menurut Yana, mengenai dugaan pengkomersilan bantuan benih padi oleh salah satu oknum Ketua Poktan, pihaknya akan mengumpulkan para Ketua Poktan di kantor BPP Carenang. 


"Kita akan konfirmasi dulu kelompoknya. Intinya kami tidak menganjurkan dan tidak benar jika dikomersialkan. Kalaupun mau jangan seperti itu, jangan memberatkan petani, yang sewajarnya saja, itupun jika memang minta ya hanya untuk pengganti ongkos," kata dia. 


"Jadi untuk wilayah Desa Pemanuk memang ada yang menggratiskan total tapi ada juga kelompok yang suka bilang wayahnya gitu untuk penggantian, ada 5 ribu ada yang 10 ribu, tapi untuk yang 15 ribu baru kali ini saya dengar," imbuhnya. 


Berita terkait: https://www.serangtimur.co.id/2022/10/waduh-bantuan-bibit-padi-untuk-petani.html


Yana juga mengungkapkan, bantuan benih padi yang ada saat ini, pihaknya mengaku jika itu bantuan benih gratis. 


"Betul itu bantuan murni, dan sudah tiga kali pengiriman, ada kemasan yang 5 Kg dan 10 Kg," tukasnya. 


Saat di tanya sanksi apa terkait dugaan adanya pengkomersilan bantuan benih padi, Yana akan mengkonfirmasi dahulu kepada kelompoknya. 


"Kalo benar itu dikomersialkan itu tidak benar, kalau kita hanya mengarahkan agar tidak memberatkan petani, dan cukup untuk pengganti biaya bongkar muat. Kalau untuk jual beli kami tidak menganjurkan," tandasnya. 


Sebelumnya, salah satu petani di Desa Pemanuk mengeluhkan adanya permintaan sejumlah uang dari Ketua Poktan soal bantuan benih padi dari Pemerintah. Padahal bantuan tersebut merupakan murni bantuan benih padi dari pemerintah dan dibagikan secara gratis. 


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dugaan Bantuan Benih di Komersialkan, Ini Tanggapan Wilbin BPP Carenang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan