Jelang Waisak, Umat Buddha lakukan Fangshen dan Pindapata

Ansori S
Senin, Mei 29, 2023 | 10:50 WIB Last Updated 2023-05-29T03:50:38Z
Dok. Pelepasan burung di depan Vihara Nimmala

TANGERANG | Menjelang peringatan hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023, Vihara-vihara di Kota Tangerang sudah mulai melaksanakan beberapa kegiatan seperti bersih-bersih Vihara, Fangshen, Pindapata, dan Sepekan Penghayatan Dhamma. Salah satu yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah Vihara Nimmala, Boen San Bio Kota Tangerang.


Vihara Nimmala pada hari Minggu, 28 Mei 2023 telah melaksanakan kegiatan Fangshen dan Pindapata. Umat yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.


Kegiatan diawali dengan melakukan pelepasan makhluk hidup (Fangshen) di depan Vihara untuk jenis burung dan di bantaran sungai Cisadane untuk jenis ikan, belut dan kura-kura. Acara ini dipimpin oleh 4 Bhikkhu Sangha dan 1 orang Meichi. Pelepasan makhluk hidup ini bertujuan memberikan kebebasan hidup ke habitat masing-masing makhluk hidup tersebut.

 

Dok. Pelepasan ikan di bantaran sungai Cisadane

"Pada hari ini kami telah melakukan pelepasan makhluk hidup di Sungai Cisadane terdiri dari 160 ekor kura-kura, 15 kg belut, 2500 ekor burung pipit, 65 ekor burung merpati, 50 kg ikan lele, serta ribuan bibit ikan nila," ujar Meliyanah selaku Ketua Panita Waisak Vihara Nimmala, Senin (29/5). 


Usai melakukan Fangshen, acara dilanjutkan dengan Pindapata, Pindapata sebagai salah satu tradisi umat Buddha memberikan Dana makanan kepada Bhikkhu Sangha. Dalam kegiatan ini terlihat sekitar 150an anak yang di dampingi oleh para orang tuanya turut hadir memberikan dana makanan, dengan raut wajah yang gembira anak-anak tertib memberikan dananya.


"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh umat yang telah memberikan dana serta turut hadir dalam acara ini, mohon maaf jika terdapat kekurangan-kekurangan," ujar Cen Tjai Hua, selaku Ketua Yayasan Vihara Nimmala.

Dok. Anak memberikan dana makanan kepada Bhikkhu Sangha

Salah satu umat, ibu Selfiyana yang membawa anak-anaknya mengikuti kegiatan ini mengungkapan rasa gembira telah berkesempatan memberikan dana.


"Seneng banget bisa ajak anak saya berbuat baik bersama" ungkap Selfiyan.


Usai acara Fangsen dan Pindapata, Bhikkhu Sangha melakukan pemercikan air tirta untuk keberkahan semua makhluk.


[Red]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Waisak, Umat Buddha lakukan Fangshen dan Pindapata

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan