Jajaran Polres Serang Kabupaten Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana Tahun 2020

serangtimur.co.id
Kamis, Januari 09, 2020 | 09:50 WIB Last Updated 2020-01-09T02:50:34Z


SERANG (STC) - Dalam rangka mengantisipasi cuaca extrime di wilayah Kabupaten Serang, jajaran Polres Serang Kabupaten Polda Banten, melaksanakan kegiatan apel Kesiapsiagan Penanggulangan Bencana tahun 2020, di lapangan hijau Mapolres Serang Kabupaten, Kamis (09/01/2020).

Namapak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Serang Kabupaten, Wakapolres Serang, Kabag Ops Polres Serang, Kabag Ren Polres Serang, Kabag Sumda Polres Serang, Kasat Intelkam Polres Serang, Kasat Narkoba Polres Serang, Kasat Samapta Polres Serang, Para Kapolsek jajaran Polres Serang, Para Kasie Polres Serang, Personil Polres dan Polsek jajaran Polres Serang Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Kapores Serang Kabupaten AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH., mengucapkan terima kasih kepada personil Polsek maupun Polres Serang yang telah siap siaga melaksanakan apel dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana Polres Serang Kabupaten tahun 2020.


Kapolres mengatakan, dilaksanakannya pengecekan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk melaksanakan pengecekan, baik personil maupun perlengkapan dalam mengangtisipasi terjadinya bencana khususnya diwilayah hukum Polres Serang.

"Seperti kita ketahui Cuaca saat ini semakin tidak bisa menentu dan tidak bisa diprediksi, serta untuk curah hujan semakin meningkat sehingga kemungkinan akan adanya luapan Sungai/Kali yang berada diwilayah Hukum Polres Serang," kata Kapolres.

Lanjut Kapolres menjelaskan, adanya Sungai/Kali di wilayah hukum Polres Serang Kabupaten, diantaranya Sungai Ciujung, Cidurian dan Cibeureum. Yang mana apabila terjadi luapan bisa terkena kerumah (pemukiman) warga yang berada disekitaran bantaran sungai - sungai tersebut.


"Adanya di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kopo, yang mana adanya beberapa Desa maupun tempat yang terendam Banjir akibat luapan Sungai Cidurian," jelasnya.

Dalam hal tersebut, Indra menegaskan, agar seluruh Personil Polres Serang dan jajaran menyiapkan perlengkapan yang telah ditentukan, dan dibawa pada saat apel kesiapsiagaan bencana ini. Apabila suatu saat nanti dibutuhkan harus siap sedia baik orangnya maupun peralatan dalam penanganan bencana.

"Apabila terlihat akan adanya luapan air dari sungai di wilayah hukum Polres Serang Kabupaten agar personil Polsek maupun Polres Serang melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir," jelasnya.


"Agar tetap jaga kondisi fisik dan kesehatan untuk melaksanakan tugas kedepan dalam menghadapi cuaca ekstrim yang menurut BMKG akan adanya informasi terkait Peringatan Dini Cuaca diwilayah Banten yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir (kilat) dan angin kencang," pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengecekan peralatan yang di bawa di ransel personil Polres Serang, perahu buata (Rakit), perahu kano, pelampung, helm dan alat Inventaris Kepolisian lainnya dalam hal penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Untuk diketahui, dalam peserta Apel Kesiapan penanggunalangan Bencana Polres Serang Kabupaten melibatkan 1 Pleton PJU Polres Serang dan Kapolsek Jajaran Polres Serang, 1 Pleton Pama Polres Serang, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Samapata, 1 Pleton Sat Intelkam, 1 Pleton Sat Reskrim, 1 Pleton Sat Narkoba, 1 Pleton Gabungan Staff Polres Serang dan 4 Pleton Gabungan Polsek Jajaran.

#Ansori

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jajaran Polres Serang Kabupaten Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana Tahun 2020

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan