Memaknai HPN ke 74 Tahun 2020 | serangtimur.co.id -->

Sabtu, 08 Februari 2020

Memaknai HPN ke 74 Tahun 2020



Oleh: Ansori S

SERANGTIMUR.CO.ID - Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 Tahun 2020, yang di selenggarakan di Kota Banjarmasin,  Kalimantan Selatan, Minggu (9/2/2020), dengan mengusung tema, Teknologi, Kreativitas, Integritas.

Dari makna Teknologi, di jaman modern seperti sekarang ini (era) digitalisasi, kita dituntut untuk lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi, terutama terhadap informasi yang disampaikan kepada publik. Tentunya harus mengedepankan etika informasi yang aktual dan bukan berita bohong (Hoak).

Sedangkan kreativitas, kita dituntut untuk lebih dapat berkreasi dalam menyampaikan informasi melalui teknologi yang ada. Dan menyampaikan informasi dan edukasi yang sebaik - baiknya, karena pers merupakan pilar bangsa, sehingga masyarakat lebih percaya terhadap peran Pers.

Dan integritas, merupakan konsep dan konsistensi dalam menyampaikan prinsip, dan ekspektasi positif yang dihasilkan, sehingga peran media (Pers) harus memilki karakter yang kuat dalam membangun bangsa ini.

Pada prinsipnya, kesimpulan yang dapat digaris bawahi, mengenai Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 Tahun 2020, Insan Pers dituntut untuk lebih baik dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, terutama dalam menghadapi era digitalisasi sekarang ini.

Memerangi Hoak, meningkatkan kualitas dan kreativitas dan memiliki integritas yang kuat dalam membangun bangsa Indonesia melalui peran Pers, sehingga media, pers dan masyarakat bisa lebih mempererat hubungan.

Sejarah pun mencatat, seberapa besar peran Pers dalam membangun Bangsa? Namun bisa juga kita rasakan seberapa dahsyatnya guncangan teknologi informasi yang dimakan oleh para dalang pencipta Hoak..?

Sehingga sepatutnya kita semua para insan Pers, dapat memerangi kejahatan informasi yang dapat meresahkan masyarakat. Berikan edukasi yang baik, gunakan mata pena kita sesuai kode etik jurnalistik, sesuai prinsip dan UU 40 tahu 1999 yang telah dikukuhkan.

Karena sejatinya, pers merupakan pilar ke 4 di Negara Ini, "Meski tidak tersurat, Namun Pers tetap tersirat dalam memberikan kemajuan bagi NKRI".

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Afflah Ekspress






Media Partner

SerangTimur.Co.Id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Featured Post

Tingkatkan Kemitraan, Ketua IJTI Pusat Kunjungi Mapolda Kalteng

PALANGKARAYA | Kemitraaan antara  Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) dengan insan pers sudah...

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa