Memaknai HPN ke 74 Tahun 2020

serangtimur.co.id
Sabtu, Februari 08, 2020 | 23:47 WIB Last Updated 2020-02-08T16:47:24Z


Oleh: Ansori S

SERANGTIMUR.CO.ID - Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 Tahun 2020, yang di selenggarakan di Kota Banjarmasin,  Kalimantan Selatan, Minggu (9/2/2020), dengan mengusung tema, Teknologi, Kreativitas, Integritas.

Dari makna Teknologi, di jaman modern seperti sekarang ini (era) digitalisasi, kita dituntut untuk lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi, terutama terhadap informasi yang disampaikan kepada publik. Tentunya harus mengedepankan etika informasi yang aktual dan bukan berita bohong (Hoak).

Sedangkan kreativitas, kita dituntut untuk lebih dapat berkreasi dalam menyampaikan informasi melalui teknologi yang ada. Dan menyampaikan informasi dan edukasi yang sebaik - baiknya, karena pers merupakan pilar bangsa, sehingga masyarakat lebih percaya terhadap peran Pers.

Dan integritas, merupakan konsep dan konsistensi dalam menyampaikan prinsip, dan ekspektasi positif yang dihasilkan, sehingga peran media (Pers) harus memilki karakter yang kuat dalam membangun bangsa ini.

Pada prinsipnya, kesimpulan yang dapat digaris bawahi, mengenai Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 Tahun 2020, Insan Pers dituntut untuk lebih baik dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, terutama dalam menghadapi era digitalisasi sekarang ini.

Memerangi Hoak, meningkatkan kualitas dan kreativitas dan memiliki integritas yang kuat dalam membangun bangsa Indonesia melalui peran Pers, sehingga media, pers dan masyarakat bisa lebih mempererat hubungan.

Sejarah pun mencatat, seberapa besar peran Pers dalam membangun Bangsa? Namun bisa juga kita rasakan seberapa dahsyatnya guncangan teknologi informasi yang dimakan oleh para dalang pencipta Hoak..?

Sehingga sepatutnya kita semua para insan Pers, dapat memerangi kejahatan informasi yang dapat meresahkan masyarakat. Berikan edukasi yang baik, gunakan mata pena kita sesuai kode etik jurnalistik, sesuai prinsip dan UU 40 tahu 1999 yang telah dikukuhkan.

Karena sejatinya, pers merupakan pilar ke 4 di Negara Ini, "Meski tidak tersurat, Namun Pers tetap tersirat dalam memberikan kemajuan bagi NKRI".

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memaknai HPN ke 74 Tahun 2020

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan