Kapolsek Cikande Beri Himbauan Pada Pengedara untuk Waspada Jalan Licin saat Turun Hujan

serangtimur.co.id
Minggu, Maret 08, 2020 | 12:14 WIB Last Updated 2020-03-08T08:32:42Z
Dok. Kapolsek Cikande Kompol Mochamad Ridzky Salatun, S.IK (istimewa)


SERANG (STC) - Memasuki musim penghujan, Polsek Cikande rutin melakukan himbauan kepada masyarakat, khususnya pengendara sepeda motor agar lebih berhati-hati dalam berkendara. Jalanan yang menjadi lebih licin, dan belum lagi lubang di jalan yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kapolsek Cikande Kompol Mochamad Ridzky Salatun mengingatkan kepada pengendara agar waspada jalan licin saat hujan turun. Sebab, hujan yang turun menyebabkan roda kendaraan rentan tergelincir dan sewaktu-waktu saat menginjak pedal rem tidak akan sepakem jalanan yang tidak basah.

"Jadi jangan mamacu kecepatan saat hujan turun. Kalau tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan karena hujan yang deras lebih baik berteduh dahulu," kata Ridzky, kepada awak media, Minggu (8/3/2020).

Menurut Ridzky, apabila pengendara tetap memaksa harus jalan, sebaiknya menggunakan mantel yang bentuknya setelan baju dan celana. Menggunakan jas hujan tak bisa dilakukan sembarangan oleh pemotor. Bila salah, risikonya adalah kecelakaan fatal yang bisa menimbulkan korban jiwa.

"Jangan menggunakan mantel hujan bentuk ponco atau Batman, karena berisiko masuk ke jari-jari atau rantai yang dapat menyebabkan kecelakaan. Ini pernah terjadi," ujarnya.

Ridky menambahkan tidak hanya harus hati-hati saat berkendara, mengecek terlebih dahulu kendaraan anda saat berkendara juga sangat diperlukan, khususnya kondisi ban motor.

"Kalau cuman hati-hati. Tapi tak dilihat ternyata ban motor sudah botak. Atau rem mobil ternyata sudah harus diservis. Nah ini kan juga sangat penting bagi pengendara sebelum mengendarai kendaraannya," tandasnya.

Selain itu, Ridzky meminta kepada masyarakat untuk tidak mendahului kendaraan dari sebelah kiri. Bisa berakibat fatal. Sudah sering terjadi kecelakaan jika ada kendaraan yang mendahului dari sebelah kiri dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain

"Baru-baru ini di wilayah Ciruas terjadi kecelakaan yang menyebabkan pemotor meninggal dunia. Penyebabnya karena mendahului kendaraan yang ada di depannya. Peristiwa itu cukup menjadi contoh agar kita tetap berhati-hati," tutupnya.

#Red
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolsek Cikande Beri Himbauan Pada Pengedara untuk Waspada Jalan Licin saat Turun Hujan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan