Dandim 0602/Serang Sebut Konsep Bupati Serang Jadikan Jalan Pegunungan Rasa Kota

SERANG | Komandan Distrik Militer (Dandim) 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono mengatakan, jalan pegunungan menjadi rasa kota merupakan konsep Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Terbukti, semua ruas jalan di wilayah Kabupaten Serang didominasi menggunakan fisik jenis betonisasi. 


"Dalam percepatan pembangunan jalan di desa juga mempercepat keinginan beliau (Bupati Serang), desa mirip kota inilah konsep beliau. Daerah gunung rasa kota," ujar Soehardono.


Hal itu disampaikan Soehardono usai pembukaan dan peletakan batu pertama pembangunan jalan sebagai Program Karya Bakti TNI Pengabdian Untuk Negeri, Kodim 0602/Serang bekerjasama dengan DPUR Kabupaten Serang dan masyarakat Kampung Calincing, Desa Cemplang, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang pada Selasa, 24 Agustus 2021.


Peletakan batu pertama juga dilakukan oleh Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan, Nanang Supriatna, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana. Turut mendampingi Camat Ciomas, Edi Sudirman dan Kepala Desa (Kades) Cemplang.


Soehardono juga mengatakan, dilaksanakannya program karya bakti yang digelar setiap tahun sebagai bentuk sinergi antara Kodim 0602 dan Pemkab Serang.


"Alhamdulilah Ibu (Bupati Serang) menyambut baik program yang di usulkan Kodim. Selain karya bakti juga ada TMMD dan lainnya," katanya. 


Lebih lanjut, Soehardono mengatakan, pelaksanaan karya bakti merupakan konteks akuntabilitas pemerintah terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karya bakti merupakan program lintas sektoral yang penanganannya melibatkan unsur-unsur terkait dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

"Karya bakti ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di daerah dan menyentuh kepentingan masyarakat," ucap Soehardono.


Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Serang Nanang Supriatna, mengatakan atas nama Pemkab Serang mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0602 atas kerjasamanya bersama masyarakat.


"Ini akan membantu masyarakat, di mohon juga masyarakat untuk menjaga dan merawatnya. Harapan pemda, TNI dan masyarakat bisa kompak," ujarnya.


Nanang juga berharap, dilaksanakannya karya bakti dapat memperkuat integratif sosial dalam kehidupan masyarakat dan membangun keharmonisan antara TNI, masyarakat dan pemerintah daerah. Serta dapat memotivasi masyarakat untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam keikutsertaan pembangunan di daerahnya dengan berlandaskan gotong - royong.


"Sehingga, masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan memelihara hasil pembangunan. Kemudian mengembangkan pemberdayaan masyarakat agar mampu membangun lingkungannya secara mandiri," tuturnya.


Kepala DPUR Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana menambahkan, karya bakti merupakan program Kodim 0602/Serang bekerjasama dengan DPUR Kabupaten Serang dan masyarakat Kampung Calincing, Desa Cemplang, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang. Sedangkan untuk anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Serang tahun 2021 sebesar Rp. 300 juta.


"Kegiatan ini sebagai suport Pemkab Serang atas program karya bakti Kodim dengan membangun jalan sepanjang 278 meter," ujarnya.


(*/Ansori)

Post a Comment

0 Comments