Lakukan Ta'aruf, MUI Kabupaten Serang Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Ansori S
Minggu, Maret 27, 2022 | 01:59 WIB Last Updated 2022-03-26T18:59:04Z
Dok. Istimewa

SERANG | Majelis Ulama Indonesia Kabupaten serang setelah musda yang ketujuh Ketua Umum menyelenggarakan silaturrahmi (ta'aruf) pengurus MUI Kabupaten Serang Priode 2022-2027 yang di ruang Tb.Syam'un Pemda Kabupaten Serang, Sabtu (26/3/2022). 


Dalam silaturrahmi itu, Ketum MUI Kabupaten Serang KH.Tb.A.Khudori Yusuf menyampaikan bahwa MUI sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dalam membangun negara khususnya Kabupaten Serang, hal ini sangat penting karena Indonesia merupakan negara yang beragama, oleh karena itu sinergi keduanya saling melengkapi.


"Sinergi ulama dan umara bukan lagi penting, tapi sangat penting karena Indonesia negara yang beragama bukan sekuler, dan sinergi ulama dan umara saling melengkapi," ucapnya.


Namun demikian, ia mengkualifikasi ulama yang pantas bersinergi dengan umara, yakni ulama yang mempunyai kapasitas keilmuan dan komitmen kebangsaan. Sebab menurutnya, jika ulama tidak memiliki kualifikasi tersebut, nantinya dalam menafsirkan agama hanya berdasarkan syahwat pribadinya dan tidak membawa kebaikan untuk bangsa.


"Ulamanya ya yang punya keilmuan mendalam dan komitmen kebangsaan. Ulama yang mengedepankan bangsa dan mengesampingkan kepentingan diri dan kelompoknya, bukan ulama yang hanya mementingkan atribut saja," ucapnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan, pentingnya ulama yang mempunyai kualifikasi juga karena keberadaannya menjadi lentera yang membimbing arah bangsa supaya masyarakat tidak terperangkap dalam perilaku yang menyimpang dari norma-norma agama dan etika yang ada.


"Justru itu ulama yang mempunyai kualifikasi memegang peranan penting karena suatu bangsa bisa hancur apabila moralitas anak-anak bangsa tidak baik, terjadi dekadensi moral," tukasnya. 


Selanjutnya ketua Umum MUI Kabupateb Serang mengajak kepada semua pengurus MUI Kabupaten Serang dan MUI Kecamatan serat para Alim Ulama, zuama dan cendikia untuk bersatu berbuat yang terbaik untuk Kabupaten Serang  yang kita cintai ini.


"Siapa lagi Kalau bukan kita yang mendukung program Bupati Kabupaten Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE.M,Ak dan Pemda Kabupaten Serang siapa lagi karena kita ini adalah masyarakat yang butuh kebersamaan dengan harapan Kabupaten Serang semakin maju. Kita patut bersyukur punya bupati yang dekat dengan ulama, bupati yang terus menerus memajukan Kabupaten Serang dari berbagai bidang," tandasnya. 


Dalam kesempatan ini juga ketum MUI melaunching website MUI Kabupateb Serang dengan adanya wibsite sebagai sarana menyampaikan informasi dan edukasi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. 


Selain itu KH. Tb.A.Khudori Yusuf juga berharap semoga MUI Kabupaten Serang segera memiliki kantor untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada umat. Selain itu diharapkan dengan adanya kantor yang memadai MUI Kabupaten Serang bisa lebih eksis dan konstributif dengan terus bekerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga sosial keagamaan lainnya.


"Dengan hal ini, maka keberadaan MUI akan bisa lebih dirasakan oleh umat apalagi Kabupaten Serang ini adalah jantungnya Provinsi Banten," tutupnya. 


[Red]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lakukan Ta'aruf, MUI Kabupaten Serang Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan